Rumah Cokelat Desa Lung Anai Binaan MHU Diresmikan oleh Bupati Kukar

Rumah Cokelat Desa Lung Anai Binaan MHU Diresmikan oleh Bupati Kukar

TENGGARONG – Bupati Kutai Kartaengara (Kukar), H. Edi Damansyah meresmikan Rumah Cokelat Lung Anai yang berlokasi di Desa Lung Anai, Kecamatan Loa Kulu (21/2). Rumah cokelat ini merupakan hasil binaan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh PT Multi Harapan Utama (MHU) sebagai salah satu bagian dari MMS Group Indonesia (MMSGI).

External Relation & Community Developement Manager MHU Yonathan Bagus, menyampaikan bahwa Rumah cokelat ini diharapkan mampu menjadi salah satu sumber pendapatan tambahan masyarakat Desa Lung Anai yang selama ini berasal dari sektor pertanian dan perkebunan. “Semoga program ini juga bisa menjadi sarana edukasi dan rekreasi bagi masyarakat luas yang ingin mengetahui lebih banyak tentang proses pembuatan cokelat kemasan dari biji kakao,” ujarnya.

PT MHU berkolaborasi dengan Yayasan Peduli Desa Nusantara Madani dan Fakultas Pertanian Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) untuk mengembangkan potensi Rumah Cokelat di Desa Lung Anai. Yayasan Peduli Desa Nusantara Madani juga turut memberikan pendampingan dan pelatihan kepada masyarakat dalam pengolahan kakao menjadi cokelat kemasan.

Pada bulan Maret 2023, PT MHU bersama dengan Yayasan Peduli Desa Nusantara Madani memberikan bantuan berupa kotak fermentasi biji kakao dan melaksanan pelatihan fermentasi biji kakao. Selain itu pada April 2023, PT MHU juga memfasilitasi pembangunan rumah pengering biji kakao di area produksi Rumah Cokelat Lung Anai. Demi meningkatkan kualitas dan produksi, pada September 2023 PT MHU memberikan bantuan enam unit mesin pengolahan cokelat yaitu, mesin pemasta kasar coklat, mesin penghalus pasta cokelat, mesin pengepal lemak manual, mesin pembubuk cokelat dan mesin pengayak cokelat bubuk mekanis.

Saat ini, Rumah Cokelat Lung Anai menjadi pusat produksi dan pemasaran cokelat kemasan yang dibuat oleh masyarakat Desa Lung Anai, berbekal dari biji kakao yang ditanam di lahan seluas 200 hektare. Hasil olahan cokelat kemasan Lung Anai memiliki empat jenis, yaitu: cokelat susu, cokelat dark, cokelat mete, dan cokelat keju.

Guna mendukung pemasaran yang lebih optimal, produksi Rumah Cokelat ini juga telah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT), dan sedang menjalani proses untuk mendapatkan sertifikat halal.

Bupati Kukar, H. Edi Damansyah, mengapresiasi kerjasama antara masyarakat, pemerintah, dan swasta dalam mengembangkan rumah cokelat ini. Edi berharap program binaan MHU ini bisa menjadi salah satu ikon pariwisata dan produk unggulan Kukar yang bisa menarik minat wisatawan lokal maupun internasional. “Dari yang sudah tersedia dan dari produksi yang sudah bisa di hasilkan (saat ini). Itu sudah bisa diterima oleh pasar,” ujar Edi.

Edi juga berpesan agar Rumah Cokelat ini bisa konsisten menjaga kualitas produksi dan memberikan manfaat yang luas untuk Masyarakat.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *